Kadang kita sering kali kehilangan kreatifitas, hal ini di sebabkan oleh banyak factor,misalnya saja kegagalan dalam berusaha, tidak dapat mencapai apa yang kita inginkan dan masih banyak lagi. Tapi factor yang dominan adalah opini kita sendiri yang sering kali menanamkan opini yang negative terhadap diri sendiri, menganggap diri tidak mampu, lemah dan lain sebagainya.
Padahal sebenarnya kita adalah orang yang memiliki kelebihan, tapi sayangnya kelebihan tersebut sering kali tertutupi oleh opini negative kita terhadap diri sendiri. Kita dapat membangun kreatifitas dengan lebih baik apabila kita dalam posisi bahagia dan yang paling penting adalah kita harus mampu membangun opini positif terhadap diri sendiri. Oleh sebab itu kita harus terus berupaya untuk membangun opini positif terhadap diri sendiri.


Cara untuk membangun opini yang positif terhadap diri sendiri adalah :
1. Tersenyum, kita harus mencoba untuk selalu tersenyum dalam memandang hidup, apapun keadaan kita karena dengan tersenyum hidup akan jauh lebih bahagia, dan ketika kita bahagia kreatifitas akan lebih banyak tercipta.
2. Bereaksi yang positif dan agresif terhadap masalah. Misal kita dalam keadaan di pecat dari pekerjaan itu adalah fakta, tapi kita harus punya opini positif bahwa ini adalah awal atau kunci kita untuk jadi seorang direktur.
Segera lakukan sesuatu yang positif dan berpikirlah positif.
3. Bertanggung jawab atas kebahagiaan kita. Bahwa kebahagiaan adalah kita sendiri yang memilih dan menentukannya, jadi jangan sekali-kali kita menuntut pada lingkungan untuk membahagiakan kita. Kebahagiaan adalah sesuatu yang kita lakukan dan kita tentukan sendiri. Maka segera putuskanlah segera dalam hati kita bahwa kita bahagia.

Kalau opini positif sudah terbentuk dalam diri kita, tinggal bagaimana kita membangun kreatifitas itu sendiri. Ada beberapa cara untuk mendeteksi kelebihan yang kita miliki :
1. Ketika kita melakukan sesuatu kita sangat menikmati hal tersebut, bahkan saat kita tidak melakukannya kita sangat menginginkan untuk melakukan hal itu. Lagi dan lagi. Oleh sebab itu mulai sekarang kita harus sadar ketika melakukan sesuatu dan amatilah apa kita sangat menikmati atau tidak.
2. Aktifitas itu adalah benar-benar sesuatu yang menarik buat kita, bahkan kita menjadi lupa sesuatu, lupa kalau kita haus, lupa makan bahkan lupa waktu.
3. Ketika kita merasa senang untuk mempelajari sesuatu dan kita menjadi lebih baik. Misalnya baca buku, ingin tahu lebih banyak tentang hal tersebut, dll
4. Kita sering membicarakannya, mendengarkannya bahkan mendiskusikannnya dengan teman
5. Sesuatu itu mudah untuk kita pelajari atau mudah untuk dilakukan bahkan kita lupa cara untuk mempelajarinya, karena kita mempelajari hal tersebut tanpa memerlukan tenaga dan pikiran.

Kalau kita sudah dapat mendeteksi kelebihan yang kita miliki tinggal kita berupaya terus untuk meningkatkan kreatifitas hidup kita dengan kelebihan yang kita miliki.

Dikutip dari the power off life tri jaya fm bersama mbak nik.