Kebun binatang Gembiraloka adalah tempat wisata di yogyakarta yang menawarkan beraneka ragam binatang, dari binatang yang mudah kita jumpai sampai binatang yang sudah langka.

Fasilitas yang ada di kebun binatang gembiraloka antara lain:

  1. mushola untuk beribadah yang bersih,
  2. kereta untuk keliling kebun binatang gembira loka
  3. kamar mandi yang juga selalu bersih
  4. warung-warung makan di dalam lokasi kebun binatang
  5. Permaianan untuk anak-anak
  6. area untuk berfoto dengan binatang tertentu yang sudah jinak

Tiket masuk di kebun binatang Gembiraloka per orang Rp.25.000,00, untuk anak dibawah 3 tahun gratis. Masuk pertama di kebun binatang gembira loka kita bisa memasuki museum yang berisi binatang-binatang yang sudah diawetkan.

Konsep penataan kebun binatang gembira loka sekarang di desain agar pengunjung bisa mengitari seluruh kawasan bonbin, sehingga tidak ada satupun kawasan binatang yang terlewatkan. Setelah menyeberang sungai gajah wong kita bisa melihat gajah, orang utan, monyet, jalan diarahkan menuju ke selatan, di area sebelah selatan kita bisa bisa melihat harimau, kancil, buaya, ikan dan areal untuk binatang melata seperti ular, kemudian kura-kura dll. Berjalan terus ke barat  disana kita bisa melihat berbagai burung. Di kawasan burung ini, kadang kita akan menemukan burung yang dilepas disekitar tempat itu tapi sudah jinak, jadi kita bisa foto disana. Dari kawasan burung kita memasuki area untuk pinguin, keluar dari area pinguin  kita bisa melihat kuda, rusa, unta, jerapah dan yang lainnya, sebelumnya kita bisa melihat siamang disisi yang paling barat. Perjalanan kemudian mengarah ke utara, Semakin kita berjalan ke utara nanti kita bisa melihat beruang dan yang lainnya.

Kalau kita berjalan kaki mengelilingi kebun gembira loka merasa capek, kita bisa menggunakan kereta untuk mengelilingi kebun binatang, tarif keretanya hanya 5.000 ribu rupiah. Anda bisa berhenti di masing-masing halte sehingga bisa turun dan melihat-lihat dulu hewan yang ada di sekitar situ, kalau sudah puas bisa naik lagi kereta lewat halte terdekat.

Hanya untuk saran saja, ketika mau piknik ke kebun binatang Gembira loka sebaiknya di pagi hari, biar bisa dapat parkir di dalam lokasi.